Jumat, 24 November 2017

nyeri haid sampai ke ulu hati

Haid atau menstruasi normal di alami oleh wanita usia subur. Siklus menstruasi pada wanita tidaklah sama tapi rata – rata setiap satu siklus berjarak satu bulan. Masa haid paling pendek 1 hari dan paling lama 15 hari. Setelah 15 hari tapi menstrusai belum selesai, segera hubungi tenaga medis untuk pertolongan lebih lanjut.

Nyeri haid atau dalam bahasa medis disebut disminore merupakan hal yang wajar di alami, mengingat saat haid terjadi perlukaan pada dinding rahim untuk mengeluarkan sel telur yang menempel pada dinding rahim.

Disminore atau nyeri haid pada seseorang berbeda antara satu dengan yang lain. Ada yang hanya nyeri sedikit tapi ada juga yang merasakan nyeri begitu hebat bahkan sampai mengganggu aktivitas sehari – hari. Saat haid nyeri yang di rasakan menjalar ke seluruh perut, terlebih perut bagian bawah kadang di sertai mulas, dan ada beberapa wanita yang mengalami diare dan ada juga yang mengalami sembelit. Satu lagi yang pasti saat haid datang entah kenapa emosi wanita susah untuk di kendalikan, wanita akan mudah tersinggung dan cepat marah pada saat haid di banding saat – saat  hari biasa.

Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami
Nyeri haid memang mengganggu, tapi jangan buru – buru minum obat sebagai pilihan cara mengatasi nyeri haid ya. Nyeri pada saat haid terlebih hari pertama dapat di atasi dengan beberapa tips alami, tips – tips sebagai cara mengatasi nyeri haid antara lain:

Cara mengatasi nyeri haid dengan kompres hangat
Saat nyeri haid, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengompres hangat, taruh air hangat ( panas bisa di atur sesuai selera) di dalam botol lalu letakkan di bagian perut yang sakit. Tekhnik ini merupakan tekhnik relaksasi untuk mengatasi nyeri.

Cara mengatasi nyeri haid dengan pisang
Pisang mampu mengurangi nyeri saat haid, perbanyak konsumsi pisang menjelang hari – hai akan datang bulan. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada saat haid.

Cara mengatasi nyeri haid dengan diet
Diet yang dimaksud di sini bukan diet yang mengatur pola makan agar mendapatkan berat badan yang ideal, diet di sini lebih ditujukan pada pengaturan pola makan. Saat sedang haid usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mengandung cafein, alkoho, gula dan soda. Saat haid perbanyak konsumsi buah terlebih yang banyak mengandung magnesium, kalsium dan zinc.

Perbanyak konsumsi zat besi
Saat menstruasi, darah akan banyak yang keluar, perbanyak konsumsi zat besi untuk menghindari anemia. Makanan yang mengandung banyak zat besi diantaranya sayur bayam, kacang – kacangan, ubi rambat merah.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi nyeri haid ketika menstruasi, selain nyeri haid sebagian wanita pasti juga mengalami sakit magh saat menstruasi Lalu bagaimana cara mengatasi nya baca yuk di cara ampuh atasi maag saat mens

Ceritakan pengalamanmu dalam menghadapi dissminore, biar temen – temen yang lain juga pada tahu. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar